\

Rabu, 29 Desember 2010

WEB SERVER ADALAH

WEB SERVER
Web server adalah merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML
Cara kerja web server :
1.      Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.
2.      Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yang ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yang memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yang merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yang digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yang terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangat mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://; anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yang di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yang meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yang ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yang dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yang diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yang sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

 Berikut beberapa aplikasi web server :
Roxen WebServer 

 Roxen WebServeR adalah open source dengan fitur lengkap web server didistribusikan di bawah lisensi GPL. Ini berjalan pada beberapa sistem operasi yang berbeda termasuk Windows, Linux, Solaris dan Mac OS X.
Beberapa kelebihan server ini adalah:

·         Open source code.
·         Sebuah antarmuka berbasis web untuk konfigurasi mudah dan administrasi.
·         Roxen sangat mendukung grafis yang dapat digunakan untuk generasi dinamis misalnya header, gambar, dan grafik.
·         Terpadu database MySQL.
·         Pemrograman sisi server melalui RXML, Java, Perl, PHP, CGI script dan banyak lagi.
·         Enkripsi yang kuat.
·         Modular ekstensi arsitektur di mana server dapat diambil tanpa mematikan proses server.
·         Platform arsitektur-mandiri membuat modul custom portable tanpa usaha ekstra.


XAMPP Windows 1.7.3
Aplikasi webserver yang sudah terpaket menjadi satu ini cukup menjadi favorit dikalangan para penggunanya, perkembangan update ke versi terbaru pun cukup cepat dibandingkan aplikasi web server lokal lainnya. Xampp juga dapat berjalan pada beberapa flatform sistem operasi (Windows 2000, XP, Vista, 7).
Isi Paket XAMPP versi 1.7.3 untuk Windows :
-          Apache 2.2.14 (IPv6 enabled),                                     -        SQLite 2.8.17,
-          MySQL 5.1.41 + PBXT engine,                                   -        SQLite 3.6.20,
-          PHP 5.3.1,                                                                   -        ADOdb 5.10,           
-          OpenSSL 0.9.8l,                                                          -        eAccelerator 0.9.6-rc1,      
-          phpMyAdmin 3.2.4,                                                     -        Xdebug 2.0.6-dev,
-          XAMPP Control Panel 2.5.8,                                       -        Ming 0.4.3
-          XAMPP CLI Bundle 1.6,                                                  
-          Webalizer 2.21-02,                                                           
-          Mercury Mail Transport System v4.72,                    
-          msmtp 1.4.19,                                                                    
-          FileZilla FTP Server 0.9.33,                                             
Wamp Server
Walaupun fitur - fitur Wamp tidak selengkap XAMPP, namun kelebihan di Wamp server adalah kita bisa memilih berbagai versi dari aplikasi yang tersedia, seperti: Apache di berbagai versi, PHP di berbagai versi, dan lainnya.
Kita dapat mengatur setting PHP dan juga ekstensi mana yang akan di pake dalam PHP.  Begitu juga dengan apache, modul-modul mana yang akan di pake di Apache. Seperti halnya XAMPP, Wamp juga dilengkapi dengan PHPMyAdmin untuk memudahkan kita dalam mengelola database.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar